Rabu, 25 Mei 2016

Teknologi Printer 3D untuk Kaki dan Tangan Palsu Dari Intel

Teknologi Printer 3D untuk Kaki dan Tangan Palsu Dari Intel


ini nih guys
ini berita termasuk berita yang WOW lho.
bayangkan saja ada printer yang bisa mencetak bagian tubuh, yaa meskipun palsu, tapi berguna untuk membantu para penderita yang kehilangan bagian tubuh seperti tangan kaki dll.
naah loh pada penasaran kaaan?

Intel mengembangkan Teknologi Cetak 3D untuk Kaki dan Tangan Palsu atau biasa disebut prostetik. Dalam pengerjaannya, raksasa teknologi tersebut bekerja sama dengan 3D Systems, sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam cetak 3D skala besar.

Keduanya merancang prostetik untuk diberikan kepada Daniel Hobbs, anak berusia 11 tahun kelahiran Inggris yang kini tinggal di Spanyol.
Diketahui, sejak usia 7 tahun, Daniel telah mengenakan tangan palsu yang sudah membantunya melakukan banyak hal. Tangan palsu tersebut bisa membuka dan menutup (seperti cakar), tetapi memiliki kemampuan yang terbatas.



Ditambah lagi, teknologi prostetik medis yang digunakan itu sangat mahal karena harus terus dibuat ulang agar bisa menyesuaikan dengan tubuh Daniel yang terus tumbuh. Karena itu intel bersama 3D Systems merancang prostetik yang lebih murah.

“Saya terinspirasi untuk mendorong batas-batas dari teknologi semacam ini," kata Evan Kuester, applications engineer di 3D Systems.

Dia menjelaskan, langkah awal yang dilakukannya adalah memindai kedua tangan Daniel untuk memastikan skala dan ukuran prostetiknya sesuai. Dia mencetak tangan menggunakan mesin pencetak Selective Laser Sintering (SLS), yang didukung oleh prosesor Intel Core.


Laser kemudian menggambar penampang tangan ke serbuk nilon yang sangat halus berulang kali sampai menyatu menjadi sebuah plastik yang kokoh.

"Dibutuhkan sekitar delapan jam untuk mencetak tangan palsu ini. Untuk biaya prostetik dengan teknologi terintegrasi sekitar USD 400," kata Kuester.



Kuester menambahkan, kebanyakan orang yang memakai tangan palsu masih terus menggunakan tangan mereka satunya untuk banyak hal karena prostetik tidak memiliki kemampuan motorik halus.

Prostetik cetak 3D ini bentuknya dapat dikustomisasi, sehingga seolah-olah bisa mencetak tangan untuk tujuan tertentu, seperti memegang palu, pick gitar atau penggesek biola, dan bisa dipertukarkan bila diperlukan.

gimana guys? mbak bro dan mas bro? canggih bukan teknologi saat ini? sudah jaaaauh berkembang, yaa meskipun meski harganya juga relatif mahal, tapi sebanding dengan kualitas dari teknologi yang dihadirkan bukan?

sekian ya artikel kali ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar